Penting! Panduan Membuat Catatan Koreksi di Microsoft Word Saat Ini Bagi Mahasiswa
Thursday, 27 October 2016
Add Comment
Penting! Panduan Membuat Catatan Koreksi di Microsoft Word Saat Ini Bagi Mahasiswa - Dokumen Microsoft Word memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan dalam mengolah data yang berkaitan dengan tulisan.
Dengan Microsoft Word, kita dapat mudah dalam membuat suatu naskah atau karya ilmiah untuk di jadikan dalam bentuk cetakan tulisan.
Banyak yang tidak menyadari salah satu fungsi serta fasilitas yang tersedia di Microsoft Word 2016 ataupun Microsoft versi sebelumnya. Di fitur Micorost 2016, dapat Anda temukan menu yang berfungsi memberikan catatan yaitu New Comment/Komentar Baru pada menu Ribbons Comments.
Catatan memiliki manfaat untuk memberi kemudahan dalam mengingatkan sesuatu hal yang tidak dapat diingat oleh kepala manusia. Dengan catatan dapat memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu lebih teratur dan tepat waktu.
Kira-kira penjelasan saya mengenai fungsi dari catatan sudah bisa di mengerti oleh Anda. Agar tidak menyimpang dari topik awal saya akan menjelaskan fungsi dari New Comment ini untuk seorang yang akan dihadapkan dengan masa menyelesaikan Tugas Akhir dalam perkuliahan.
Saya akan memberikan gambaran sedikit jika Anda
adalah seorang mahasiswa yang berkelut dengan Tugas Akhir, tak jarang Anda
sering bolak balik ke kampus untuk berkonsultasi dengan Dosen pembimbing Anda.
Jika sang Dosen
terlalu sibuk sehingga tidak bisa di temui, biasanya Dosen selalu menyarankan Anda berkonsultasi via email. Dalam dunia moderenisasi ini, banyak Dosen pembimbing menyarankan
Anda untuk berkonsultasi via email saja.
"Tentu ini memudahkan Anda dalam
menyelesaikan karya Ilmiah Anda lebih cepat dan tidak memboroskan dana untuk print berkas yang nantinya hanya di jadikan
coretan koreksi oleh Dosen pembimbing Anda".
Dalam mengirimkan sebuah email mengenai karya
ilmiah Anda yang di tujukan kepada Dosen pembimbing Anda juga ada aturan mainnya. Maksud dari aturan main tersebut adalah
dengan memberi bagian " catatan " mana
yang mesti ditandai untuk memudahkan
Dosen mengoreksi karya Ilmiah yang sedang Anda ajukan.
Dengan menyematkan
komentar di sisi kanan untuk memberikan informasi kepada dosen fokus tulisan
mana yang Anda inginkan untuk di koreksi oleh dosen pembimbing Anda. Dengan demikian Dosen pembimbing Anda lebih
mudah dan mengerti maksud dari Anda menyematkan sisipan komentar tersebut.
Bagaimana apakah Anda sudah paham maksud dari penjelasan saya? Contoh demikan hanya salah satu yang saya berikan ke Anda. Tanpa di sadari fungsi dari memberikan catatan komentar ini sangat berguna dan memudahkan bagi Anda dalam berkirim pesan melalui via email.
Lebih praktisnya lagi Anda tidak perlu mencetak karya ilmiah Anda yang nantinya akan dicorat coret (coretan komentar yang harus diperbaiki) oleh dosen pembimbing Anda. Jika sudah mengerti maksud dari saya, mari
kita mulai bagaimana cara menyematkan sebuah komentar di Microsoft Office 2016
atau pada versi sebelumnya juga bisa digunakan.
Cara Membuat Catatan Koreksi di Microsoft Word
Caranya
sangat mudah, bukalah dokomen word Anda yang sudah ada isinya (Karya
Ilmiah Anda).
- Open Microsoft Word
- Pilih File Dokumen (Karya Ilmiah Anda) dsb.
- Blok Area yang Ingin Diberikan Catatan
Sebagai contoh saya menggunakan karya ilmiah
dari Siska Lusia Putri yang berjudul Analis Sikap Konsumen Terhadap Maskapai Penerbangan dan Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Pelayanan Jasa Garuda Indonesia.
Langkah selanjutnya, carilah teks
atau kalimat yang ingin Anda berikan catatan, Jika sudah menemukan teks yang
ingin Anda sisipkan catatan, blok
pada area yang ingin diberikan catatan.
Contoh panduan membuat catatan koreksi
Lihat gambar di atas yang menunjukkan kalimat tersebut telah di blok berwarna abu-abu.
Kemudian, Masuk ke
- Menu Review/Tinjau dan pilih
- New Comment/Komentar Baru pada menu Ribbons Comments.
Setelah Anda klik, maka secara otomatis muncul jendela di samping sebelah kanan dokumen untuk mengetikkan catatan penting yang ingin Anda sampaikan nanti. Setelah Anda selesai dalam menuliskan catatan, Anda bisa menyembunyikan catatan yang Anda buat dengan klik tanda (x). Pada tahap ini, selamat Anda dapat menggunakan fungsi dari menu komentar di Microsoft Word ini.
Jika Anda ingin mencatat lebih dari satu catatan Anda bisa mengulangi seperti proses tahap awal tadi. Jika Anda ingin menyematkan kolom komentar lebih dari satu. Langkah - langkah yang di berikan sama, tinggal Anda ulangi saja dengan
- Blok Kalimat yang akan di berikan komentar
- Pilih menu New Comment/Komentar Baru
Secara otomatis munjul lagi jendela di sebelah kanan dokumen untuk mengetik catatan yang ingin Anda berikan. Semua teks atau kalimat yang diberikan catatan otomatis akan di blok agar mudah dalam pencarian kalimat yang akan di revisi. Jika Anda ingin menghapus komentar lakukan dengan klik tombol Delete pada tab Review. Maka dengan sendirinya komentar yang Anda buat akan terhapus.
Micosoft Office memang sangat berguna bagi kita semua dalam menunjang aktifitas pekerjaan dari segala bidang. Bagi seorang penulis fitur aplikasi Microsoft Word ini menjadi andalan untuk menuliskan karya-karya mereka.
Pesan dari saya pilihlah cara praktis dalam berkonsultasi dan selalu komunikasikan kepada pemberi konsultasi tentang metode praktis yang dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas Anda.
"Share jika artikel ini dapat membantu Anda. Berbagilah Ilmu yang bermanfaat bagi kita semua
^-^ ".
0 Response to "Penting! Panduan Membuat Catatan Koreksi di Microsoft Word Saat Ini Bagi Mahasiswa"
Post a Comment