-->

Tantangan Profesi Kurir Jasa Ekspedisi Dalam Melayani Masyarakat

Jasa Ekspedisi Barang
Melihat fenomena sekarang ini, profesi sebagai jasa kurir menjadi sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam segala layanan. Dengan maraknya bisnis online, sehingga banyak yang menggunakan jasa layanan pengiriman jika ingin mengirimkan barang kepada konsumen. Tidak dapat dipungkiri semakin berkembangnya bisnis online saat ini juga dibarengi dengan meningkatnya jumlah jasa ekspedisi.

Kita bisa melihat saat ini telah banyak orang lebih memilih membeli barang secara online jika dibandingkan dengan pergi sendiri untuk membelinya di toko. Zaman sudah berubah, sehingga membeli barang di toko online sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Semakin banyaknya kebutuhan seseorang, semakin banyak pula jasa yang menawarkan kemudahan pengiriman dan pengantaran barang ke konsumen.

Salah satunya adalah porfesi kurir yang menjadi penolong bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk hanya sekadar membeli barang. Jasa kurir pengiriman menjadi semakin dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga perusahaan jasa pelayanan pengiriman barang saat ini sudah semakin menjamur. Adapun kendala beserta tantangannya pada saat melakukan pengiriman barang yang pastinya dialami oleh seorang kurir.

Tugas Kurir Ekspedisi Pengantaran Barang


Jasa Ekspedisi Memudahkan Dalam Proses Jual Beli Online

Dengan perkembangan teknologi membuat sebagian besar orang beralih ke bisnis online. Dengan adanya jual beli online ini membuat transaksi antara penjual dengan pembeli bisa dilakukan di mana saja meskipun beda wilayah. Pembelian barang hanya bisa sampai kepada pembeli jika barang telah dikirim. Dalam pengiriman barang ini pastinya sangat membutuhkan jasa ekspedisi.

Di Indonesia telah banyak jasa pengiriman barang yang beroperasi untuk membantu proses distribusi jual beli menjadi lancar. Namun saat ini persaingan akan jasa pengiriman barangpun semakin sengit. Bagi para pengguna jasa ini, pastinya akan selalu memilih perusahaan yang memberikan pelayanan terbaiknya.

Di Indonesia ada beberapa rekomendasi perusahaan jasa pengiriman barang yakni, JNE, J&T Express, Tiki, SiCepat, Wahana, Pos Indonesia, dan banyak yang lainnya.

Tips Aman Dalam Mengirim Barang

Bagi yang ingin mengirimkan barang, ada beberpa tips yang bisa membantu untuk mengirim barang dengan aman. Sebagai pengguna jasa ekspedisi, harus mempersiapkan barang yang akan dikirim dan supaya selalu memastikan barang tersebut sampai di tempat tujuan.

Pada saat ingin mengirim barang sebaiknya memahami persyaratan yang ditentukan perusahaan untuk pengiriman barang. Biasanya perusahaan akan melakukan pengiriman sesuai SOP (Standard Operational Procedure). Di setiap perusahaan memiliki SOP yang berbeda.

Lalu juga perhatikan jangkauan pengiriman yang dapat dicapai, karena tidak semua ekspedisi bisa masuk ke seluruh wilayah. Untuk mengetahui jangkauannya bisa menanyakan kepada ekspedisi secara langsung.

Selain itu, sebaiknya juga memperhatikan kemasan yang digunakan agar barang tidak mudah rusak. Ada banyak ekspedisi yang juga menawarkan kemasan paket yang kuat seperti menggunakan kayu untuk barang yang rentan akan kerusakan. Kemasan yang aman ini juga sebagai jaminan yang diberikan oleh ekspedisi kepada konsumennya. Namun agar lebih amannya bisa menggunakan asuransi.

Persaingan Jasa Pengiriman Sangat Ketat

Ada beberapa nama jasa ekspedisi yang sudah lama eksis di Indonesia. Kemajuan teknologi membuat sebagian besar aktivitas beralih ke alternatif lain. Dalam era sekarang ini banyak pedagang daring maupun luring bergantung pada jasa pengiriman barang dagangan. Oleh karena itu, sekarang ini banyak bermunculan jasa pengiriman barang yang ramai digunakan.

Kemunculan dari beberapa jasa itu juga disebabkan oleh kebutuhan masyarakat yang lebih memilih di rumah dibandingkan dengan keluar. Mungkin sebagian orang ada yang malas untuk pergi atau memang karena ada pekerjaan sehingga tidak memiliki cukup waktu.

Dengan ini jasa kurir semakin dibutuhkan, bahkan sekarang ojek online pun juga mulai memasuki ranah pengiriman barang. Untuk sekedar membeli makan pun, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengandalkan jasa ojek online. Sehingga itu akan membuat persaingan jasa ekspedisi semakin ketat karena jasa ojek online menggunakan aplikasi yang mudah diakses dan pengirimannya pun bisa dalam satu hari.

Beberapa jasa ekspedisi yang kini sudah mulai tergerus arus persaingan yang ketat antara lain seperti Tiki, Pos Indonesia, dan lain-lain.

Strategi Dalam Menyiasati Persaingan

Di Indonesia peluang usaha jasa pengiriman barang memiliki pangsa pasar yang luas. Pada jasa pengiriman barang, yang paling dibutuhkan oleh masyarakat adalah pengiriman yang cepat. Dalam beberapa ekspedisi telah menyediakan paket kilat bagi yang ingin barangnya cepat sampai.

Pelanggan akan semakin senang jika ekspedisi mengirim barang sampai dengan cepat. Maka dari itu agar jasa kurir yang dijalankan tetap mendapat pasar, jasa ekspedisi harus bisa mengirimkan barang tepat waktu. Selain itu, promosi juga harus rutin dilakukan agar nama jasa pengiriman tetap eksis di pasar.

Sekarang juga banyak jasa ekspedisi yang mulai melakukan kerjasama dengan menggait e-commerce atau marketplace demi ingin tetap bertahan menghadapi persaingan.

Dalam melayani pengiriman, jasa ekspedisi bisa menawarkan paket dengan perlindungan jaminan. Misalnya untuk beberapa barang yang mudah pecah bisa dikemas dengan bahan material kayu dan tentunya dengan biaya tambahan. Selama pelayanan pengiriman tetap prima, maka bisnis pengiriman barang juga dapat bertahan meskipun pesaing semakin banyak.

Etika Kerja yang Harus Dimiliki Kurir Pengiriman Barang

Dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan adanya etika bisnis yang harus dimiliki. Setiap orang yang menjalankan bisnis wajib mematuhi peraturan-peraturan yang menyangkut etika dalam melayani pelanggannya. Etika bisnis wajib dimiliki oleh segala jenis usaha termasuk usaha jasa pengiriman barang.

Etika menjadi batasan antara pengusaha dengan para pelanggannya agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Adanya etika bisnis menjadi pedoman bagi para pelaku usaha dalam mewujudkan citra perusahaan agar dipandang baik dan untuk menghindarkan dari citra buruk di mata konsumen. Tidak hanya untuk pemilik usaha, namun bagi para pekerja juga harus menerapkan etika yang baik.

Dalam jasa pengiriman barang, seorang kurir harus dapat melayani para pengguna jasanya. Sebagai bagian etika mengirim barang kurir harus melayani para pengguna jasanya dengan ramah. Karena sebagian kurir masih ada yang belum bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga para pelanggan merasa kecewa atau tidak puas.

Masalah yang Dihadapi Logistik Indonesia

Meskipun dalam bisnis perusahaan jasa pengiriman barang selalu dibutuhkan, namun tidak semua dapat berjalan dengan lancar. Indonesia merupakan negara yang luas dan terdiri dari kepulauan. Maka hal itu terkadang menjadi masalah saat pengiriman barang. Jika ingin mengirim barang antar pulau pastinya akan membutuhkan waktu yang lama pula. Konektivitas maritim Indonesia belum berjalan baik.

Selain itu, juga dikarenakan infrastruktur yang terkadang belum memadai. Karena beberapa masalah itu, akan membuat harga pengiriman barang pun semakin mahal. Untuk mengirim barang ke luar pulau harus melalui beberapa perjalanan laut maupun udara.

Untuk pengiriman barang ke pelosok juga tidak bisa dijangkau teknologi sehingga informasi dan komunikasi masih sangat terbatas dan biasanya pendataan masih menggunakan cara manual. Karena itulah masalah terbesar yang dihadapi oleh logistik Indonesia.

Adanya jasa pengiriman barang antar wilayah merupakan kemudahan bagi yang menjalankan bisnis online. Tingkat persaingan sangat ketat, namun operasi perusahaan jasa ekspedisi masih sibuk. Jasa pengiriman barang ini juga bisa dijadikan wirausaha yang memiliki peluang tinggi.

Kebutuhan pengiriman barang akan selalu meningkat dengan adanya perkembangan teknologi ini. Meskipun begitu, setiap usaha memiliki tantangannya masing-masing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tantangan Profesi Kurir Jasa Ekspedisi Dalam Melayani Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia